Thursday 8 December 2011

Teh Putih


Teh Putih merupakan jenis teh terbaik karena untuk mendapatkannya, hanya diambil dari satu pucuk tiap satu pohon, yakni pucuk tertinggi dan utama. Teh putih ini dibuat dari pucuk daun yang tidak mengalami proses oksidasi dan sewaktu belum dipetik dilindungi dari sinar matahari untuk menghalangi pembentukan klorofil. Daun teh dipetik saat masih sangat muda, sehingga teh putih memiliki citarasa yang paling ringan daripada jenis teh lainnya.

Kandungan antioksidan paling tinggi. Dalam prosesnya, daun teh dibiarkan layu secara alami sehingga warnanya menjadi putih. Kafeinnya pun paling rendah, sekitar 15 mg per cangkir.

Kandungan antioksidan yang tinggi selain mencegah efek penuaan dini, antioksidan yang tinggi dalam Teh Putih juga mencegah keriput karena bisa melindungi 2 protein yang menjaga elastisitas kulit yakni elastin dan kolagen.

Teh putih juga mempunyai manfaat pelawan kanker dan penyakit kardiovaskular. Beberapa penelitian menyatakan bahwa teh jenis ini juga bermanfaat untuk pengidap diabetes. Jurnal Phytomedicine menuliskan bahwa mengonsumsi teh putih dapat memperbaiki toleransi glukosa dan pengurangan kolesterol jahat.

Teh putih diproduksi dalam jumlah lebih sedikit dibandingkan teh jenis lain sehingga harga menjadi lebih mahal.

Teh putih kurang terkenal di luar Tiongkok, walaupun secara perlahan-lahan teh putih dalam kemasan teh celup juga mulai populer.


No comments:

Photobucket