Wednesday 7 December 2011

Teh Hitam


Teh hitam ini tergolong jenis yang paling umum, dan merupakan 75 persen konsumsi teh di seluruh dunia. Teh hitam tampaknya kurang dikenal dibanding teh hijau maupun jenis teh lainnya.

Perbedaan teh hitam dengan teh lain adalah pada prosesnya setelah memetik, teh hitam dioksidasi supaya zat-zat yang dibutuhkan keluar dengan sempurna. Teh hitam digulung dan difermentasikan, lalu dikeringkan dan ditumbuk.

Banyak orang hingga kini masih sering menganggap teh hitam dan teh merah adalah dua jenis teh yang berbeda.
Tentu saja hal tersebut adalah hal yang salah banget, teh hitam dan teh merah adalah teh yang sama yang berasal dari tanaman Camellia sinensis dan dari jenis teh yang sama. Lalu mengapa teh tersebut disebut dengan dua nama yang berbeda??? Hal disebabkan penafsiran warna dari teh tersebut, Cina dan Jepang menyebutnya teh merah berdasarkan warna yang timbul pada air yang diseduh dan khususnya orang Eropa menyebutnya teh hitam berdasarkan warna dari daun teh yang sudah melalui proses oksidasi.
Citarasa teh hitam sedikit lebih pahit dan memiliki kandungan kafein yang tertinggi, yaitu sekitar 40 mg per cangkir. Bandingkan dengan secangkir kopi yang mengandung 50-100 mg kafein. Jadi, kalau kopi terlalu berat untuk Anda, coba lawan kantuk Anda dengan teh hitam.

Teh hitam juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang dikenal sebagai tehaflavins dan teharubigins. Senyawa ini diperkirakan mampu menurunkan kadar kolesterol, demikian menurut  Rebecca Baer, pakar diet di New York City. Orang yang minum tiga cangkir teh hitam atau lebih setiap hari kemungkinan bisa menurunkan risiko stroke hingga 21 persen.

Manfaat teh hitam antara lain adalah mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh, karena teh mengandung antioksidan. Antioksidan ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya serangan jantung  maupun stroke karena dapat memperlancar aliran pembuluh darah ke jantung.

Manfaat teh hitam yang lain adalah dikenal sebagai teh yang dapat memperlambat sel kanker tanpa harus memakan sel sehat pada penderita. Itulah sebabnya teh hitam kebanyakan dikonsumsi sebagai obat dibandingkan sebagai konsumsi minuman teh biasa.
Dibanding jenis teh lainnya, Teh Hitam atau disebut juga Teh Cuppa punya manfaat paling beragam. Selain paling ampuh meredakan stres dan kadar kolesterol, Teh Hitam juga baik untuk tulang karena kaya akan mineral mangan dan fluoride.

No comments:

Photobucket