Thursday 7 January 2010

Budayakan Jalan Kaki Mulai Sekarang......

Jalan Kaki perlu dibudidayakan lho karena selain membuat qt sehat juga bisa mengurangi polusi udara karena terlalu banyak kendaraan bermotor.


Semua orang menjadi terlena dengan segala kemudahan dari teknologi yang semakin lama semakin maju. Kemajuan teknologi bukanlah hal yang buruk tetapi qt tetap harus menyingkapinya dengan bijak, jangan terlalu dimanjakan dengan kemudahan yang ada.



"Jalan kaki bisa mencegah Diabetes lho." Melangkah minimal 7500 langkah tiap hari bisa membuat orang tetap sehat dan terhindar dari penyakit diabetes melitus. (Dr.dr.Achmad Rudiyanto). Untuk menurunkan berat badan, orang hanya perlu rutin berjalan kaki sekitar
10000 langkah per hari. Untuk membakar 1 kalori, orang butuh berjalan kaki 25 langkah. Misal, untuk membakar 16 kalori dalam sebuah permen,dibutuhkan jalan kaki 400 langkah.

Dari data yang kubaca Indonesia kini juara ke-4 dari segi jumlah penderita diabetes terbanyak, setelah China, India, dan Amerika Serikat. Menurut WHO jumlah penderita diabetes di Indonesia sekarang sekitar 8 juta orang. Tahun 2025 jumlahnya diprediksi akan melebihi 21 juta orang. Untuk menekan jumlah pengidap diabetes, sebaiknya masyarakat diberi fasilitas trotoar yang baik. Sebaiknya trotoar di kota diperbaiki agar masyarakat nyaman berjalan kaki, kan tau tuch biasanya trotoar malah dijadikan tempat PKL (Penjual Kaki Lima), tempat tidur para gelandangan pada malam hari, atau terkadang buat parkir sepeda motor dll. bukan hanya tugas pemerintah untuk menertibkan trotoar tetapi juga tugas masyarakat juga untuk mempunyai kesadaran bahwa trotoar dibangun untuk pejalan kaki bukan untuk hal yang lain. ^_^


Nah Coba bandingkan dengan trotoar bersih dibawah ini, lebih nyaman kan ^_^



Ayooo.....Mau tetap sehat ??? Ayunkanlah langkah kaki Anda!
Dr. Catrine Tudor-Locke telah mempelajari berjalan dengan menggunakan alat pengukur pedometer mengumumkan pendapatnya pada Januari 2004 pada terbitan “Sports Medicine.”

Angka 10000 langkah per hari menjadi umum berdasarkan promosi pedometer oleh sejumlah perusahaan Jepang yang kemudian diadopsi walking clubs. Namun, tak ada kumpulan riset yang mendukung angka ini. Angka 6 000 langkah menunjukkan korelasi dengan menurunnya angka kematian pada laki-laki menurut Harvard Study.

Banyak orang berpendapat, 10000 langkah per hari terlalu sedikit untuk anak-anak dan tak dapat dicapai para lansia, orang yang seharian tinggal di rumah, atau orang yang menderita penyakit kronis. Ada yang mengusulkan agar jumlah langkah ditentukan secara khusus untuk tiap orang berdasarkan data jumlah langkah rutin tiap hari ditambah jumlah tertentu agar terpenuhi porsi per hari. Misal, seorang wanita yang menggunakan pedometer mencatat 4000 langkah per hari. Ia perlu menambahkan jumlah langkah yang sama dengan ½ jam berjalan, misalnya 2000 – 3000 langkah per hari.


Berdasarkan bukti terbaik pada akhir tahun 2003, Dr. Catrine Tudor-Locke menyarankan klarifikasi aktivitas fisik yang dihitung pedometer sbb:

► Di bawah 5000 langkah per hari utuk orang yang sehari-hari tinggal di rumah.

► 5000 – 7499 langkah per hari untuk untuk orang yang “low active” (tingkat keaktifan rendah), tak termasuk aktivitas olahraga / latihan harian.

► 7500 – 9999 langkah untuk orang yang agak aktif, termasuk beberapa latihan atau berjalan (dan / atau pekerjaan yang menuntut lebih banyak berjalan).

► 10000 langkah per hari untuk orang yang aktif.

► Orang yang melakukan lebih 12500 langkah per hari tergolong orang yang sangat aktif.

(Wendy Bumgardner, About.com; 28 September 2006)



Cara meningkatkan langkah kaki Anda :

► Berjalanlah dengan pasangan, anak, atau temanmu
► Berjalanlah dengan anjing
► Lebih gunakan tangga daripada lift
► Parkirlah kendaraan lebih jauh dari toko tujuan
► Berjalanlah ke pusat pertokoan
► Berjalan-jalan untuk melakukan window shopping (melihat-lihat barang di etalase toko)
► Rencakan pertemuan yang dilakukan sambil berjalan
► Berjalanlah waktu mengunjungi tetangga
► Berjalanlah di taman atau berjalan sambil membersihkan tanaman di kebun

Para peneliti menyatakan bahwa bagi kebanyakan orang, berjalan atau melakukan latihan ½ sampai 1 jam per hari cukup baik sekurang-kurangnya 3 sampai 4 hari dalam seminggu. Anda dapat mulai dengan 10 menit per hari dan menambahkannya secara bertahap sampai menjadi kegiatan berjalan yang rutin. Tambahkan porsi Anda sesuai dengan perkembangan kesehatan Anda. Yang penting Anda merasa lebih sehat. Jika ada gejala gangguan penyakit, berkonsultasilah kepada dokter untuk menyesuaikan program jalan kaki Anda.




Manfaat JALAN KAKI
*/ Membakar kalori
*/ Menguatkan otot-otot belakang
*/ Merampingkan pinggang
*/ Menguatkan tulang-tulang Anda
*/ Mengurangi tekanan darah
*/ Mengunakan waktu dengan keluarga dan teman
*/ Membentuk dan menyerasikan kaki dan bokong Anda
*/ Mengurangi kolesterol
*/ Mengurangi risiko sakit jantung, diabetes, dan lebih banyak penyakit lain
*/ Mengurangi stres
*/ Tidur lebih baik
*/ Meningkatkan gairah dan pandangan tentang kehidupan dan juga lebih creative lho...
*/ Dapat dilakukan hampir di mana saja
*/ Tak menuntut peralatan
*/ GRATISsss...

Photobucket